post-image
user

Kota Cilegon Provinsi Banten  akan menjadi lokasi penyelenggaraan Asean Regional Disaster Exercise (ARDEX)-18, yang akan dilaksanakan pada tanggal 4 hingga 19 November 2018. Saat  ini panitia ARDEX-18 yang terdiri dari Wakil Dirlat TTX, Wakil Dirlat CPX dan FTX, Perancang FTX, Koordinator FTX, TTX, CPX, BNPB Pusat, BPBD Cilegon dan Diskominfo Cilegon sedang melakukan Survey lokasi latihan guna memetakan lokasi latihan yang dibutuhkan untuk kegiatan Ardex-18.


Direktur Perbaikian Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat  Ir.Medi Herliyanto saat dikonfirmasi usai meninjau lokasi di Tanjung Peni Cilegon mengatakan, bahwa hari para panitia tengah melakukan survey lokasi guna persiapan ARDEX-18. Dimana tahun 2018 ini Indonesia ditunjukan sebegai tuan setelah sebelumnya dilaksanakan di Brunei Darussalam.” Tahun ini Indonesia dipercaya menjadi tuan penyelenggaran latihan kegawat daruratan Negara-negara Asia yang tergbung dalam 10 negara Asean,” jelasnya.


Lebih lanjut  Medi Herliyanto menuturkan, bahwa kegiatan ARDEX-18 merupkan latihan gabungan Negara-negara asean dalam rangak mengantisipasi dan mengedukasi ketiaka terjadi bencana.” Dipilihnya Kota Cilegon sebagai tuan Ruamah kegiatan ARDEX-18, selain Cilegon dekat dengan laut yang mana berdasarkan kajian tim ahli, diwilayah Provinsi Banten khususnya di selat sunda ada potensi gempa megatrus selat sunda, juga cilegon sangat komplit karena mengantisipasi bencana industry,” jelasnya.


 


 


 

'