post-image
user

Bagian Organisasi dan Reformasi Birokrasi Setda Kota Cilegon mengadakan Sosialisasi Pelayanan Publik dalam Rangka Kompetensi Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kota Cilegon, bertempat di Aula BAPPEDA Cilegon, Kamis ( 20/9).


Kegiatan yang diikuti UPT Puskesmas, UPT Dinas Teknis dan Kecamatan se-Kota Cilegon tersebut dibuka langsung oleh Sekda Kota Cilegon Hj. Sari Suryati.


Dalam sambutanya Sekda Kota Cilegon menuturkan, tujuan di adakannya kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi para pegawai pemerintah dalam hal pelayanan publik serta mengevaluasi  tingkat kematangan diri dalam melakukan hal pelayanan publik.” Berdasarkan data penilaian Ombudsman tahun 2017 pelayanan publik Kota Cilegon masih berada pada level Kuning yaitu tingkat kepatuhan terhadap Undang-Undang pelayanan publik masih berada pada level sedang. Begitu pula halnya dengan nilai indeks pelayanan publik pada tahun 2017 masih berada pada kategori cukup dengan nilai 2,70 point. Sedangkan indeks kepuasan masyarakat Kota Cilegon pada tahun 2017 masih dirasa kurang baik oleh masyarakat dengan nilai 75.33.,” jelasnya.


Lebih lanjut Sari Suryati mengungkapkan, Kemampuan mengaktualisasikan diri melalui pekerjaannya, sifat kemandirian, serius dan tekun dalam bekerja, serta memiliki integritas dan rasa tanggung jawab terhadap pekerjaanya, dikarenakan nila-nilai yang menjadi peletak dasar tingkat kemandirian yang seharusnya dimiliki oleh setiap aparatur pemerintah Kota Cilegon. “ Hal yang paling mendasar atas penilaian tersebut bersumber dari pola pikir dan budaya kerja birokrasi pemerintah yang kurang baik. Pola pikir dan budaya kerja pemerintah perlu dibangun dengan merubah paradigma birokrasi menuju paradigma birokrasi yang melayani, birokrasi yang professional, dan birokrasi yang berintegritas. Jika semuanya telah memiliki budaya kerja yang baik, kemudian mampu meninteralisasikan dan mengaktualisasikan dalam bentuk sikap dan prilaku. Bukan hal yang tidak mungkin, masyarakat akan menjadi puas, dan masyarakat akan menjadi setia dan taat kepada pemerintah. Sehingga segala bentuk program dan kegiatan mendapat dukungan penuh dari seluruh elemen msyarakat.” Ungkapnya.


 


 


 

'