post-image
user

CILEGON- Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon melalui Dinas Koperasi dan UMK mengadakan peringatan  HUT Koperasi ke 71 tingkat Kota Cilegon dilaksanakan di Krakatau Junction, Jumat (26/10).


Dalam perayaan Gebyar Hari Koperasi ke-71 yang  dibuka langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Cilegon Edi Ariadi dan dihadiri Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon Fakih Usman Umar, pejabat eselon II, III, dan IV di lingkungan Pemkot Cilegon serta para pelaku usaha serta koperasi di Kota Cilegon.


Plt Walikota Cilegon Edi Ariyadi dalam sambutannya mengatakan, koperasi merupakan organisasi ekonomi rakyat yang berbasiskan anggota yang mampu mengatasi permasalahan perekonomian. “ Koperasi mampu mengatasi permasalahan internal khususnya dalam bidang peningkatan kualitas SDM , kualitas produksi , pemasaran dan permodalan maka dari itu, kami Pemkot Cilegon sangat mendukung dalam perkembangan semua bentuk program kegiatan koperasi salah sataunya dalah program gerakan koperasi sehat,” ujarnya.


Lebih lanjut, Edi Ariadi juga menjelaskan Pemerintah KOta Cilegon terus melakukan pemberdayaan dan dukungan terhadap perkembangan koperasi melalui Peraturan Walikota (Perwal) nomor 40 tahun 2018, adapun jumlah koperasi yang aktif di Kota Cilegon yaitu sebanyak 542 Koperasi. “ Perlu saya sampaikan bahwa jumlah koperasi yang aktif di Korta Cilegon ini sebanyak 542 koperasi, dan koperasi koperasi yang telah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sebanyak 200 koperasi, dengan jumlah anggotanya sebanyak 41.405 orang, dan total modal sendiri koperasi mencapai 174 Miliar dan modal yang berasal dari luar 497,95 Miliar. Koperasi inilah yang memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Cilegon terutama dalam mengurangi kemiskinan dan pengangguran yang di Kota Cilegon,” lanjutnya.


Diakhir sambutannya Edi Ariadi juga berharap, dalam menerapkan prinsip koperasi yang konsisten  dan maju, maka diperlukannya sinergitas antara pemerintah daerah serta para stakeholder terkait. “ Saya berharap adanya sinergitas positif antara  pemerintah pusat, pemerintah daerah serta para stakeholder  dalam pemberdayaan koperasi agar menjadikan koperasi semakin kuat dan mampu meningkatkan perannya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Cilegon,” harapnya.


Sementara itu, Saiful Majid selaku ketua pelaksana dalam sambutannya menuturkan, hari koperasi merupakan momen bagi para UKM untuk melakukan perubahan dalam membangun perekonomian. “Di hari Koperasi ini selain bisa menampilkan hasil karya juga bisa meningkatkan SDM dan mendorong pertumbuhan pemberdayaan koperasi masyarakat selain itu hari koperasi tahun ini dan juga dibarengi dengan mensosialisaikan Perwal No 40 tahun 2018," ungkapnya.              


Terpisah, Kepala Dinas Koperasi, Usah Mikro dan Kecil (UMK) Kota Cilegon Tatang Muftadi menegaskan agar sinergitas kegiatan koperasi di dalamnya jangan hanya dijadikan koperasi simpan pinjam saja, dikarenakan didalam koperasi cerminnya adalah UMKM. “Saya Menyerankan supaya koperasi mempunyai mitra binaan UMKM, mengingat pentingnya wadah koperasi dalam menampung kegiatan UMKM baik dalam pembinaan maupun dalam pemasaran,” tuturnya. 




 

'