post-image
user

Cilegon- Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD)  Kota Cilegon mengadakan kegiatan sosialisasi pembudayaan kegemaran membaca perpustakaan nasional Republik Indonesia dengan tema 'Implementasi Program Revolusi Mental Menuju Indoneia Cerdas 2024' yang diadakan di Aula DPRD Cilegon, Rabu (31/10). 


Sekertaris daerah Kota Cilegon Sari Suryati dalam sambutannya mengatakan, sosialisasi ini merupakan upaya menggerakan dan mengembangkan potensi minat baca pada masyarakat Kota Cilegon agar mewujudkan smart people  dalam menuju smart city. “ Kegiatan sosialisasi ini diupayakan untuk terus meningkatkan budaya gemar membaca pada masyarakat Kota Cilegon dan kami pemkot Cilegon akan terus mendorong minat baca masyarakat dalam  mengembangkan potensi masyarakat Kota Cilegon yang smart people sebagai salah satu elemen Kota Cilegon menuju smart city,” ungkapnya.


Lebih lanjut, Sari juga mendukung tujuan pembangunan program perpustakaan nasional RI yang seseuai dengan kebijakan Kota Cilegon menuju Smart City. “Saya turut mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan mengenai program perpustakaan nasioal RI yang merancang transformasi layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial yang sesuai dengan arah kebijakan Kota Cilegon menuju smart city,” tuturnya.


Sari juga menginginkan agara masyarakat Kota Cilegon terus meningkatkan budaya gemar membaca, agar membangun generasi yang cerdas dan mengubah revolusi mental. “ Saya ingin masyarakat Kota Cilegon memiliki gemar membaca yang dapat meningkatkan intelektualitas dan membentuk karakter masyarakat Kota Cilegon sebagai generasi yang cerdas,” ujarnya.


Dikatakan Sari, selain membentuk karakter masyarakat Sari juga berharap agar sosialisasi ini dapat meningkatkan peran sertanya di instansi maupun lingkungan sebagai figur penggerak generasi muda yang siap menghadapi tantangan. “ Saya harap dengan adanya sosialisai ini dapat terus meningkatkan pengetahuan dan pengalaman serta bisa bersinergi untuk meningkatkan peran dan sertanya di instansi maupun lingkungan sebagai penggerak generasi muda agar siap menghadapi tantangan dengan membudayakan kegemaran membaca untuk mewujudkan indonesia cerdas,” harapnya.


Ditempat yang sama, Kepala dinas perpustakaan dan arsip daerah Kota Cilegon Nur fatmah menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan ini memberikan informasi pengetahuan kepada seluruh masyarakat bahwa buku dan membaca adalah kunci terpenting untuk membuka wawasan. “Peran dan fungsi perpustakaan daerah dalam kegiatan sosialisasi perpustakaan ini bertujuan untuk menumbuhkan gemar membaca, karena dengan membaca akan membuka jendela keberhasilan setiap masyarakat sehingga didalamnya terdapat segala ilmu pengetahuan yang dapat membuka wawasan secara meluas,”ungkapnya.


 

'