post-image
user

Dinas Ketanahan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Cilegon melalui Bidang Ketahanan Pangan Mengadakan lomba Kelompok Wanita Tani (KWT) di Delapan Kelurahan Se-Kota Cilegon.” kegiatan ini sebagai bentuk dukungan program Adikarya Pangan Nusantara (APN) dimana DKPP melalui Bidang Pertanian melakukan penilaian dan tinjauan langsung kepada KWT di Dealapan Kelurahan yang merupakan perwakilan dari masing-masing Kecamatan se-Kota Cilegon,” ujar H. Muhtar selaku Kasi Distribusi Bidang Ketahanan Pangan DKPP Kota Cilegon saat menilai salah satu Kelurahan, Rabu (31/10).


Dikatakan Muhtar, dlam perlombaan tersebut ada beberapa kriteria penilan diantaranya kategori pemangku, Pembina, pelopor ketahana pangan, pelayan, dan pelaku usaha.” Ada lima kategori yang di nilai seperti kategori pemangku, Pembina, pelopor ketahana pangan, pelayan, dan pelaku usaha,” ujarnya.


Lebih lanjut Muhtar mengungkapkan, selain melalukan penilaian pihaknya juga meberikan pembinaan kepada para kelompok-kelompok Wanita Tani yang ada di Kota Cilegon.” kita juga Sambil memberikan pembinaan terkait ketahan pangan, dimana Cilegon merupakan daearah industri, barang dan jasa sehingga peran dari ketahan pangan sangat di butuhkan , agar kelangkaan pangan di cilegon bisa di atasi,” ungkapnya.


Sementara itu salah satu pembinan kelompok ketahan pangan sekaligus Lurah Gedong Dalem Alim Rahmadi mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan ini dimana selain penilaian juga diberika pengarahan dan pembinaan kepala para petani dan Pembina,”  Hasil dari arahan tim penilaian untuk gedong dalem di arahakan utuk mengganti tanaman seperti petani Melon, dikarenakan harga melon tetap stabil. Saat ini hasil pertaniaan di gedong dalem berupa Kacanag Tanah dan Padi saja,” jelasnya.


Alim Rahmadi juga menita kepada DKPP Cilegon, agar kegiatan ini jangan sebatas pembinaan saja akan tetapi ada tindak lanjut kedepannya agar kesejahteraan petani bisa meningkat,” Pihaknya meminta pembinaan lebih lanjut untuk membangkitkan semangat para petani di gedong dalem, selain itu juga pihaknya memina tatacara budidaya ternak seperti sapi, kambing kerbau dan ikan,” harapnya.


 


 

'