post-image
user

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Cilegon melalui Bidang Kepemudaan mengadakan lomba Kwartir Ranting (Kwaran) Tergiat Tahun 2018. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 8 Kwaran yang merupakan perwakilan masing-masing Kecamatan Se-Kota Cilegon salah satunya Kwaran Keacamatan Jombang.


Kepala  Seksi Pengembangan Aktifitas Pemuda Dispora Kota Cilegon Firdaus Bagja mengatakan gerakan Pramuka merupakan Kwartir Ranting merupakan bagian integral dari Kwartir Cabang pada wilayahnya, dimana kegiatan ini mengacu dari Surat Keputusan Ketua Kwartir Ranting Nasional Nomor 224 Tahun 2007 tentang petunjuk Penyelenggaraan Tata Kerja Kwartir Ranting Gerakan Pramuka merupakan pedoman di dalam mengelola organisasi.” Kemampuan pengurus Kwaran mengelola roda organisasi sangat di perlukan dan perlu adanya peningkatan kapasitas kompetensi. Kegiatan penilaian Kwaran se-Kota Cilegon merupakan salah satu upaya mengukur kesuksesan mengelola organisasi,” ungkapnya.


Adapun kriteria dalam penilaian Kwaran Tergiat ini meliputi Pengelolaan Administrasi, Pembinaan terhadap Gugus Depan dan Satuan Karya, Terjalinnya kerjasama yang baik dengan pihak di luar Kwartir dan Peningkatan Tata Kelola Program.


Sementara itu, Kepala Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) yang juga Camat Jombang Agus Aryadi sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Dispora Kota Cilegon.” saya sangat apresiasi dengan adanya kegiatan ini, dimana Pramuka menjadi sinyal positif bagaimana mengembangkan jiwa pramuka di dalam diri anak, apalagi dalam pramuka semua unsur ada seperti  melatih keterampilan, melatih mandiri, dan kreatifitas.terlebih  di era saat ini diharapkan prmauka bisa menjadi motivator agen perubahan,” harapnya.


Ditempat yang sama, Ketua Kwaran Kecamatan Jombang yang juga Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Jombang Wandi Wahyudin kendari persiapan yang sangat minim akan tetapi dirinya optimis bisa meraih hasil terbaik dalam kegiatan ini,” saya optimis Kwaran Kecamatan Jombang bisa menjadi yang terbaik, walaupun beberapa waktu lalu Ketua Kwaran baru dilantik,” ujarnya.


 

'