post-image
user

CILEGON – Kelurahan Gedong Dalem, Kecamatan Jombang membagikan tong sampah kepada sekolah dan lingkungan warga di wilayahnya, Selasa (27/11). Total ada 40 tong sampah yang diberikan.


Lurah Gedong Dalem, Alim Rahmadi mengutarakan, tong sampah tersebut diberikan kepada warga Lingkungan Taman Raya, Pecek, Tunjung Putih, Kedung, SMK 3 Cilegon, SDN Gedong Dalem, dan dua sekolah PAUD.


Pemberian tong sampah tersebut agar warga memiliki kesadaran membuang sampah pada tempatnya, sehingga lingkungan bisa asri dan bersih.“Semua lingkungan kami berikan, termasuk beberapa sekolah yang ada. Rata-rata 5 tong sampah yang diberikan,” katanya.


Alim menjelaskan, tong sampah yang diberikan diharapkan bisa dipasang di tempat-tempat umum, seperti masjid, tempat ronda maupun tempat umum lainnya. Dengan adanya tong tersebut diharapkan lingkungan bisa menjadi besih, terutama tempat yang nanti ada tong sampahnya itu. “Kami berikan langsung kepada pengurus RT, mereka diharapkan bisa memasangnya di tempat umum,” jelasnya.


Alim mengatakan, setelah diberikan tempat sampah oleh pemerintah kelurahan, warga harus bisa mengkoordinir pengangkutan atau pembuangannya. Agar sampah yang sudah ada di tong sampah bisa dibersihkan setiap harinya. “Pesan kami tinggal ada yang bisa mengkoordinir pembuangan. Sebab, jangan sampai ada tempat sampah tapi tidak ada yang membuangnya,” imbuhnya.


Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan dan Ketertiban Umum Kota Cilegon, Dedi menyatakan, sebelumnya, dalam program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) warga juga sudah mendapatkan bantuan tong sampah. “(Program) Kotaku sudah diberikan (tong sampah) sebelumnya. Harapannya pada tahun depan akan lebih ditingkatkan lagi bantuannya,” tegasnya.


Dedi mengungkapkan, warga juga diharapkan bisa menjaga aset yang diberikan tersebut, dan harus dilakukan pemeliharaan secara bersama-sama. Jangan sampai tempat sampah dirusak dan tidak dipasang. “Ini dari kita untuk kita. Kebersihan lingkungan, terutama soal sampah erat kaitannya dengan kesehatan. Dengan adanya tempat sampah ini kami harap warga bisa menjaganya,” ringkasnya


 


 

'