post-image
user

CILEGON- Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon menyelenggarakan acara Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Kampanye germas disampaikann oleh Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Cilegon Edi Ariadi di Halaman Kantor Walikota Cilegon, Jumat (30/11).


Pada acara Germas tersebut, juga dilakukan makan buah bersama. Para peserta yang hadir dari berbagai elemen masyarakat Kota Cilegon juga dibagikan doorprize. Acara tersebut juga dihadiri anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Ei Nurul Khotimah.


Plt Walikota Cilegon Edi Ariyadi dalam sambutannya mengatakan, gerakan masyarakat hidup sehat merupakan upaya yang dilakukan oleh Pemerintah dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan sebagai sebuah kebutuhan. “Dalam Intruksi Presiden (Inpres) No 1 Tahun 2017 telas dijelaskan tentang GERMAS hidup sehat, bahwa kita harus menyadari betapa pentingnya paradigma kesehatan yang harus menjadi prioritas pertama untuk mewujudkannya,” Kata Edi  


Lebih  lanjut, Edi juga menambahkan hidup sehat merupakan bentuk paradigma sehat tentang kesadaran masyarakat untuk terus mengedepankan kesehatan diri sendiri. “ Saya juga mendukung kampanye GERMAS hidup sehat sebagai langkah strategis yang perlu dilaksanakan dalam upaya mewujudkan Indonesia sehat dan menumbuhkan kesadaran tentang arti penting paradigma kesehatan masyarakat bagi kita semua,” tambah Edi.


Edi juga menjelaskan secara umum bahwa Germas bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup. “ Untuk mewujudkan “Gerakan masyarakat hidup sehat” perlu sebuah kampanye dan sosialisasi agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Kampanye dan sosialisasi ini dibutuhkan dukungan peran dari Stakeholder terkait, komitmen, dan yang terpenting adalah monitoring pelaksanaan Germas,” jelas Edi.


Selain itu, meminta kepada seluruh masyarakat Kota Cilegon agar menyadari bahwa program GERMAS adalah program milik kita bersama. “ Saya minta kepada seluruh masyarakat Kota Cilegon yang hadir pada saat ini untuk menerapkan hidup sehat dan menyadari bahwa sehat itu mahal, oleh karena itu program nasional ini sangat berpengaruh positif terutama pada kesehatan kita sendiri agar terus senantiasa mewujudkan pembangunan kesehatan bagi masyarakat Kota Cilegon,” pinta Edi.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (DINKES) Kota Cilegon Arriadna mengungkapkan GERMAS merupakan bentuk upaya kesadaran Hidup sehat agar penigkatakan kesehatan bagi masyarakat dapat terwujud. “Momentum GERMAS ini merupakan langkah untuk mendorong hidup sehat agar terus ditingkatkan pada diri kita sendiri, oleh karena itu program GERMAS ini senantiasa akan terus kita upayakan bersama dengan kebiasaan memakan buah dan sayur serta pola hidup sehat dengan senam juga pemeriksaaan kesehatan setiap bulan dengan bekerja sama dengan institusi kesehatan dan Pemkot Cilegon serta organisasi masyarakat,” ungkapnya. 


 

'