post-image
user

CILEGON – Pemerintah Kecamatan Purwakarta selaku tuan rumah perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kota Cilegon tahun 2019 telah menyiapkan town house sebagai tempat penginapan kafilah, Hal ini dimaksud agar memudahkan para kafilah dalam menjangkau tempat lomba.


Camat Purwakarta, Balukia Ikbal menyatakan, pihaknya sudah berkomunikasi secara lisan dengan PT Krakatau Steel (KS) terkait dengan penggunaan town house yang berada di area perumahan rumah dinas PT KS. proses peminjaman sendiri akan dilakukan selama 5 hari. Jumlah town house yang akan dipinjam sebanyak 8 unit. Jika dinominalkan, maka kurang lebih perharinya sekitar Rp1,5 juta untuk satu town house. “Kalau bayar itu sekitar Rp1,5 juta dikali saja selama 5 hari dan 8 unit yang disewa. Jumlah tersebut cukup besar,” jelasnya.


Ditambahkan Balukia, adanya penginapan bagi kafilah adalah untuk memudahkan kafilah dalam menjangkau tempat lomba, selain itu juga untuk menghemat waktu dan biaya bagi kafilah yang perwakilannya jauh. Adanya penginapan tersebut juga pernah dilakukan Balukia saat menjabat sebagai camat Pulomerak. “Ini kami terapkan sama dengan yang dulu kami sediakan, harapannya nanti camat yang lain ikut. Tapi selang beberapa MTQ tidak pernah ada ternyata,” imbuhnya.


Sementara itu, Ketua Lembaga Pembinaan Tilawatil Quran (LPTQ) Kecamatan Purwakarta, Wawan Ihwani yang juga menjabat Sekmat Purwakarta, mengungkapkan, saat ini proses koordinasi dan peninjauan tempat-tempat lomba serta penginapan sudah dilakukan. Harapannya, pada awal Februari sudah selesai. “Sudah disurvei langsung oleh LPTQ kota untuk mengecek layak atau tidak. Kami harap hasilnya bisa maksimal,” ungkapnya.


Tokoh Masyarakat Kecamatan Purwakarta, Sutisna Abbas menyatakan, warga akan sangat antusias dalam menyambut kegiatan MTQ yang akan digelar. Seluruh warga bukan hanya akan berpartisipasi meramaikan, namun juga ikut serta dalam menyukseskannya. “Sebagai tuan rumah maka kami harap warga seluruhany antusias, ini hajat bersama dan harus disukseskan,” pungkasnya.






 

'