post-image
user

CILEGON – Berdiri sejak 2004 Taman Baca Baitul Huda di Perum Bumi Cibeber Kencana, Kelurahan/Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon terus eksis dengan berbagai kegiatan literasinya. Bahkan, bukan sekedar literasi membaca buku biasa, dalam TBM tersebut juga sering diadakan kelas mendongeng dan pelatihan handicraft.


 


Pengelola TMB Baitul Huda Sarifudin menjelaskan, adanya kelas dongeng bertujuan untuk memotivasi anggota TBM Baitul Huda yang kebanyakan dari siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), terutama soal manfaat terus membaca dan menambah pengetahuan dengan membaca. “Kami sengaja melakukan hal tersebut agar para anggota TBM bisa terus bergairah dan meningkatkan busaya membacanya. Motivasinya bisa lebih setelah mendengarkan kelas mendongeng ini,” jelasnya.


 


Selain kelas yang bisanya diadakan dalam momen-momen tertentu, kata Sarifudin, kelas yang rutin dilakukan adalah kelas belajar Al-Qur’an dan kelas bahasa Inggris. Sementara untuk pesertanya sendiri bisanya anak-anak yang ada disekitar komplek. “Ada kelas rutinnya, ini dilakukan dalam rangka memberikan pencerdasan kepada asyarakat sekitar, dibandingkan Perpusda lebh efektif TMB seperti ini,”


imbuhnya.


 


Sementara itu, Ketua Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Kota Cilegon, Hikmatullah menyatakan, berbagai kegiatan yang dilakukan TBM diharapkan mampu memberikan efek positif kepada anak-anak didiknya yang kebanyakan adalah masyarakat sekitar. Sebab, untuk belajar privat butuh biaya yang mahal, sementara dengan adanya TBM bisa membantu masyarakat, khsusnya masyarakat dengan ekonomi yang pas-pasan. “Kami berharap TM di Kota cilegon terus kreatif dan inovatif ditengah minimnya fasilitas dan bantuan. Namun hal itu harus menjadi motivasi untuk bisa lebih baik,” pungkasnya.


 


 

'