post-image
user

CILEGON – Warga Kelurahan Karang Asem, Kecamatan Cibeber diimbau menjaga hasil pembangunan dengan melakukan perawatan. Warga jangan hanya setiap tahunnya mengusulkan pembangunan, namun minim kesadaran untuk merawatnya.


Lurah Karang Asem, Mansur Masnun menyatakan, setiap kali melakukan sosialisasi selalu mengingatkan warga untuk bersama-sama menjaga hasil pembangunan, sehingga menjadi awet dan senantiasa terjaga. Warga harus gotong royong jika ada paving block yang rusak karena dipenuhi rumput atau membersihkan drainase yang sudah dipenuhi sampah. “Jangan hanya meminta pemenuhan kebutuhan pembangunan saja setiap tahun, warga juga harus ikut berperan dalam menjaga dan merawat hasilnya,” katanya saat memberikan sambutan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Kelurahan (Musrenbangkel) di Aula Kelurahan, Selasa (29/1).


Sementara itu, Seklur Karang Asem, Hilman Setiaji mengungkapkan, imbauan juga diberikan khusus kepada Ketua Rukun Warga (RW) dan Rukun Tangga (RT) soal membangun soliditas dan harmonisasi dalam pembangunan. RT dan RW harus juga menginformasikan soal pembangunan langsung kepada warga, sehingga tidak ada lagi warga yang bertanya-tanya soal pembangunan dan bahkan cenderung menolak karena ketersinggungan tidak mendapatkan informasi. “Intinya jika terjadi dinamika dilapangan itu biasa, namun juga harus ada cara untuk meminimalisirnya, RT dan RW harus mampu menjelaskan secara bijak kepada warga,” ungkapnya.


Sementara itu, Camat Cibeber, Novoyogi Hermawan menyatakan, dalam usulan yang akan direalisasikan pada 2020 jangan hanya soal infrastruktur, pemberdayaan juga harus jadi usulan yang disampaikan. “Setiap tahunnya pembangunan infrastruktur pasti akan berkurang, sehingga harus ada pemberdayaan yang diusulkan,” ringkasnya.


 

'