post-image
user

CILEGON – Dalam rangka meningkatkan kualitas penduduk usia muda, Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Cilegon berupaya untuk memberikan informasi mengenai pentingnya ber-KB (keluarga berencana) yang lebih lengkap, jelas, dan menarik, serta mensosialisasikan bagaimana mencegah dan melindungi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat agar terhindar dari penularan HIV, pemakaian narkoba serta mengkoordinasikan agar masyarakat dan generasi muda serta remaja lebih peka terhadap HIV, AIDS, dan Narkoba.


 


Sebagai bentuk untuk merealisasikan hal tersebut, DP3AKB melalui Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Pergerakan  Advokasi dan Penggerakan, akan menyelenggarakan lomba musik rap dan poster yang rencananya akan diikuti oleh siswa-siswi tingkat SMP dan SMA sederajat. “Kita ketahui bersama, bahwa keberhasilan pelaksanaan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) selama ini tidak terlepas dari banyaknya dukungan peran serta masyarakat dan remaja,” ujar Kepala DP3AKB Kota Cilegon, Heni Anita Susila, Kamis (4/4/2019) saat acara ngopi bareng bersama sejumlah media di kantornya.


Lebih lanjut Heni mengungkapkan, informasi yang disampaikan kepada masyarakat tidak cukup hanya dengan penyuluhan/KIE saja, namun perlu disampaikan pula tentang hak-hak kesehatan reproduksi. Menurutnya, hal tersebut menuntut adanya perubahan-perubahan metoda dan teknik penyampaian informasi sebagai kegiatan utama untuk merubah sikap, perilaku, dan nilai-nilai, baik dikalangan pengelola program KKBPK, remaja, keluarga, maupun masyarakat. “Sedangkan upaya kesehatan reproduksi remaja (KRR) melalui media luar ruang adalah melalui lomba-lomba seperti lomba poster dan lomba musik rap, bagi remaja se-Kota Cilegon,” paparnya.


“Harapan kami, nantinya remaja memahami akan pentingnya program KKBPK dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.


Adapun tema yang diusung dalam perlombaan yang digelar adalah ‘Peningkatan Kualitas Penduduk, Keluarga Berencana, Dengan Pencegahan HIV/AIDS, Narkoba, dan Seks Bebas’.


Selain menggelar lomba poster dan rap, DP3AKB Kota Cilegon juga rencananya akan melaksanakan kegiatan pemilihan Duta GenRe (Generasi berencana), sebagai upaya untuk mengatasi masalah-masalah remaja yang berkaitan dengan praktek kehidupan dalam keluarga.


Pendaftaran lomba sudah dibuka sejak tanggal 1 hingga 15 April 2019.


Adapun kegiatan akan dilaksanakan pada hari Minggu, 28 April 2019, di rangkaian kegiatan HUT Kota Cilegon ke-20 dalam agenda Cilegon Expo.


Untuk pendaftaran silahkan klik http://www.klacilegon.id/pendaftaran-duta-genre-rap-poster atau datang langsung ke kantor DP3AKB Cilegon di Jalan Kapten Piere Tandean, Nomor 39, Kelurahan Jombang Wetan, Kecamatan Jombang.


 


 

'