post-image
user

Cilegon- Semangat Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon tak pernah padam untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Maka dalam mengembangkan inovasi daerah Pemkot Cilegon menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) laboratorium Inovasi yang digelar di Ruang Rapat Bappeda Kota Cilegon, Senin (08/07). 


Sekretaris Daerah Kota Ciegon Sari Suryati salam sambutannya mengungkapkan bahwa inovasi di sektor publik sangat penting dalam meningkatkan daya saing daerah menuju peningkatan taraf kesejahteraan masyarakat. “Inovasi daerah yang dimaksud ini yaitu semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah dengan sasaran untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat dan peningkatan daya saing daerah,” ungkapnya


Lanjutnya, Sari juga mengatakan tentang kunci kemajuan suatu daerah adalah kemampuan dalam berinovasi. “Inovasi yang diakukan di Instansi Pemerintah sangat penting dilakukan untuk peningkatakan efesien, perbaikan efektivitas, perbaikan kualitas pelayanan, memenuhi nilai kepatutan, dan adanya pertanggungjawaban secara terbuka kepada masyarakat,” ujarnya.


Sari menjelaskan bahwa saat ini telah terdata sekitar 86 inovasi yang ada di lingkungan Pemkot Cilegon. “Dari data tersebut, didapatkan bahwa 60 persen Inovasi berasal dari puskesmas di wilayah Cilegon sebagai output dari lomba tenaga kesehatan, dan sebagiannya merupakan hasil proyek perubahan diklatpim paradigma baru, dari hal tersebut potensi sumber daya inovasi di Kota Cilegon sangatlah besar, namunyang saat ini menjadi catatan adalah semangat berinovasi yang belum merata di seluruh OPD di Kota Cilegon,” jelasnya. 


Selain itu, Sari berharap adanya inovasi di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebgai bagian dari akselerasi kinerja daerah, selain itu juga hasil laboratorium inovasi harus dapat diaplikasikan dalam setiap kegiatan OPD Kota Cilegon. “Harapan kami pada laboratorium inovasi ini masing-masing OPD bisa menginspirasi dan mengunggah semangat berinovasi serta membangun kesadaran kolektif untuk melakukan periubahan ke arah yag lebih labik lagi,” harapnya.


Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen berinovasi oleh Sekretaris Daerah Kota Cilegon Sari Suryati, Deputi Dibang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara LAN-RI Tri Widodo Wahyu Utomo, Kepala OPD, Camat serta Kepala UPT Puskesmas se-Kota Cilegon. 

'