post-image
user

PC.CILEGON- Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun ini akan dikelola secara online. Hal tersebut bertujuan membuat BOS trasnparan dan akuntable. Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon, Muhtar Gojali menyatakan, dengan kebijakan baru BOS online tersebut seluruh sekolah baik kepala sekolah dan operator harus bisa menyesuaikan. Atas dasar itu, dindik memberikan sosialisasi agar kepala sekolah paham dan mengetahui adanya ketentuan BOS online. "Sekarang BOS dilakukan secara online, sehingga kami minta agar kepala sekolah paham," katanya usai membuka acara sosialisasi dana BOS di Hotel Sari Kuring, Rabu (10/7).


Ditambahkan Muhtar, kedepannya dalam rangka pemantapan proses pengelolaan dana BOS online maka masing-masing operator akan diberikan pembekalan. "Pemantapannya itu operator yang akan dibekali. Sementara sekarang dilakukan pemberian informasi kepada kepsek," imbuhnya.


Sementara itu, Kepala Sub Bagian Program dan Evaluasi Dindik Kota Cilegon, Vania Eriza menjelaskan, kedepannya dalam hal perencanaan, pengadaan barang akan dilakukan dengan elektronik (e) katalog atau katalog sektoral pendidikan dan Sistem aplikasi pengadaan barang  dan Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPlah). "Nanti saat pengadaan juga bisa secara online, termasuk buku," ungkapnya.


Diharapkan, imbuh Vania seluruh kepala sekolah bisa bersiap-siap dengan implementasi BOS lewat aplikasi online tersebut, sehingga pengelolaan dan BOS berjalan lancar. "Ini full online, jadi kami harap semua sekolah bisa bersiap, saat ini ada 181 kepsek SD dan 42 kepsek SMP negeri dan swasta yang disampaikan sosialisasi," pungkasnya. (irw/kom)


 

'